Jumat, 26 Juli 2019

Nasi Kuning Khas Manado

Nasi Kuning Khas Manado


Siapa tak kenal nasi kuning? Saya mengenal nasi kuning sejak masih kecil, karena bagi masyarakat di Jawa seperti saya, makanan yang terbuat dari beras dengan bumbu kunyit, santan, serta rempah-rempah itu, biasanya menjadi hidangan spesial dalam acara pesta atau syukuran.
Tapi tahukah Anda, nasi kuning juga menjadi salah satu kuliner khas masyarakat di kota Manado? Jangan heran, jika berkunjung ke Ibukota Sulawesi Utara tersebut Anda bakal menemukan banyak rumah makan yang menjual nasi kuning.
Bahan dasarnya adalah beras, santan kelapa, air perasan kunyit parut, daun pandan, batang serai yang dimemarkan, daun jeruk, dan sejumlah bahan penyedap rasa lainnya.
Menu pelengkap sajian nasi kuning adalah cakalang fufu atau daging sapi tumis, ditambah telur rebus dan dabu-dabu (sambal).
Kekhasan lainnya dari nasi kuning Manado tidak berbentuk kerucut seperti tumpeng. Juga tidak dibungkus dengan kertas atau daun pisang, tetapi dibungkus dengan daun woka (sejenis daun lontar) yang banyak tumbuh di daratan Sulawesi Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar